News

Jual Kaca Kolam Ikan, Berikut Pilihan Kaca Terbaik yang Bisa Kamu Pakai


Jual Kaca Kolam Ikan-Kolam ikan atau akuarium bisa mempercantik sudut rumahmu dengan pemandangan yang hidup. Kamu juga bisa memilih sendiri jenis ikan dan hiasan akuarium yang digunakan. Jika ingin membuat akuarium sendiri, kamu bisa mencari tempat jual kaca kolam ikan.

Ketebalan Kaca Kolam Ikan

Sebelum mencari tempat jual kaca kolam ikan, kamu harus menentukan ukuran akuarium terlebih dahulu. Ukuran akuarium akan menentukan ketebalan kaca yang akan kamu gunakan. Ketebalan kaca yang sesuai dimaksudkan agar bisa menahan tekanan air dengan baik.

Kamu juga bisa langsung datang ke pengrajin akuarium dan memesan ukuran yang kamu kehendaki. Nantinya kamu juga bisa mendiskusikan secara langsung terkait ketebalan kaca yang akan digunakan. Secara umum, berikut daftar ketebalan kaca yang tersedia di pasaran :

⦁ 5 mm

⦁ 6 mm

⦁ 8 mm

⦁ 10 mm

⦁ 12 mm

⦁ 15 mm

Jika ingin akuarium dengan ketebalan lebih dari 15 mm, kamu tetap bisa memesan secara khusus. Ukurannya juga bisa kamu sesuaikan dengan ruang serta jumlah ikan yang akan dimasukkan. Semakin tebal kaca akuarium, tentunya semakin memiliki ketahanan yang baik terhadap tekanan air.

Jenis Kaca Kolam Ikan

Selain ketebalan kaca, jenis kaca yang digunakan juga penting untuk kamu pertimbangkan. Jenis kaca yang berbeda biasanya memiliki kualitas yang tida sama sehingga bisa menjadi perbandingan. Berikut 3 jenis kaca yang bisa kamu dapatkan di tempat jual kaca kolam ikan :

1. Tempered glass

Jenis kaca pertama yang bisa kamu gunakan adalah tempered glass. Jenis kaca ini memiliki tingkat keamanan yang tinggi. Terhadap penghuni rumah, jenis kaca ini juga memberikan perlindungan yang tinggi.

Tempered glass sendiri banyak digunakan karena sudah terbukti kelebihannya sebagai bahan dasar kolam ikan. Bahan dasarnya adalah bahan kimia berkualitas tinggi sehingga kualitas kaca yang dihasilkan juga bagus. Pembuatannya dengan cara dipanaskan sampai pada temperatur 300° celcius. 

Dengan proses pembuatannya, kaca tempered menjadi 5 kali lebih kuat dari kaca biasa. Karena hal inilah akuarium menjadi lebih awet dan anti terhadap goresan. Untuk pilihan terbaik, kaca tempered adalah jenis yang bisa kamu gunakan untuk bahan dasar akuarium.

Tidak hanya kuat, jenis kaca ini juga memiliki kejernihan yang sangat baik. Dalam hal kolam ikan, kejernihan kaca termasuk penting karena akan menambah nilai keindahannya. Ikan serta beragam hiasan yang kamu letakkan didalam akuarium akan terlihat dengan jelas.

Terakhir, kaca ini juga menjadi jenis yang paling aman untuk digunakan. Saat kacanya pecah, maka akan membentuk pecahan seperti butiran jagung yang tidak dapat melukai korban. Hal ini bisa mengurangi risiko terjadinya cedera serius.

2. Laminated glass

Selain tempered glass, laminated glass juga bisa menjadi pilihan yang bisa kamu andalkan. Komposisinya adalah lembaran polifinil transparan yang terdiri dari satu lembaran atau lebih. Jenis kaca ini juga termasuk kuat dan lebih fleksibel dan bisa kamu beli ditempat jual kaca kolam ikan.

Kolam ikan akan tahan terhadap goresan dan juga lebih awet. Karakteristik kaca ini adalah tidak mudah hancur meski dihantam benda keras. Pengaplikasiannya juga mudah dengan menggunakan lem khusus. Untuk kualitas dan harga, jenis kaca ini bisa dibilang sebanding dengan laminated glass.

Poin lebih dari laminated glass adalah pilihan warnanya yang sangat beragam. Diantaranya seperti biru, merah hijau, kuning, dan masih banyak lagi. Banyaknya pilihan warna ini akan membuatmu mudah untuk mengkreasikan kolam ikan agar serasi diletakkan disudut rumah.

3. Float glass

Terakhir kamu juga bisa memilih kolam ikan yang menggunakan float glass sebagai bahan dasarnya. Secara umum, kaca ini biasa disebut dengan nama kaca bening. Penerapan utamanya adalah sebagai kaca jendela dan pintu.

Karena memiliki tampilan yang mewah, maka kemudian jenis kaca ini juga banyak diaplikasikan pada akuarium. Ketebalannya juga beragam mulai 5 mm sampai 8 mm. Kamu bisa langsung mengunjungi tempat jual kaca kolam ikan untuk membeli akuarium dengan bahan dasar kaca ini.

Untuk penempatan, sebaiknya kamu meletakkan akuarium dengan bahan jenis ini disudut ruangan. Usahakan ditempat yang jarang tersentuh sehingga lebih aman. Karena jenis kaca ini mudah tergores jika bersentuhan dengan benda-benda tajam atau sejenisnya.

Bahan alternatif untuk kaca kolam ikan

Selain berdasarkan jenisnya, kamu juga bisa memilih akuarium berdasarkan bahan kaca yang digunakan. Disini yang bisa menjadi alternatif adalah bahan kaca olahan atau dengan menggunakan bahan yang mirip dengan kaca. Berikut bahan kaca untuk kolam ikan yang bisa kamu gunakan :

1. Annealed glass

Annealed glass adalah pilihan pertama yang bisa kamu gunakan sebagai bahan alternatif. Tempat jual kaca kolam ikan juga banyak yang menawarkan bahan ini sehingga mudah kamu temukan. Untuk bahan akuarium, bahan ini juga terbilang memiliki ketahanan yang baik.

Biasanya, kaca ini banyak digunakan pada atap kaca, pintu, dan juga jendela. Namun kamu tetap bisa mengaplikasikan kaca ini untuk kolam ikan dirumah. Agar tampilannya lebih bagus, kamu juga bisa mengkombinasikannya dengan jenis kaca lain.

2. Fiberglass

Selanjutnya fiberglass juga bisa menjadi bahan dasar kaca kolam ikan yang bisa kamu gunakan. Bahan ini merupakan serat kaca yang pembuatannya dengan cara menarik kaca agar menjadi serat tipis. Ketebalannya adalah sekitar 0.005 sampai 0.01 milimeter.

Ciri utama dari kolam ikan berbahan fiberglass adalah memiliki warna biru laut. Penggunaanya juga sering diaplikasikan dengan jenis kaca lain untuk desain yang lebih variatif. Karena berwarna biru laut, tampilan akuarium akan lebih menawan seperti melihat ikan di lautan.

3. Acrylic

Terakhir ada acrylic yang bisa kamu manfaatkan sebagai bahan dasar akuarium. Acrylic sendiri mulai banyak digunakan sebagai bahan dasar pembuatan kolam ikan. Banyak orang mulai beralih dari kaca karena acrylic lebih mudah untuk dibentuk.

Di tempat jual kaca kolam ikan, bahan ini bisa dipesan atau dibeli secara langsung jika tersedia. Jenis bahan ini biasanya banyak diaplikasikan pada akuarium berukuran kecil aneka desain. Bentuknya juga lebih variatif sehingga pilihan harga juga lebih beragam.

Acrylic sendiri adalah bahan plastik keras yang menyerupai kaca. Untuk bahan dasar akuarium, bahan ini bisa dibilang memiliki kualitas yang lebih baik dibandingkan kaca. Dengan tampilan akuarium yang colorful, bahan ini juga ringan sehingga mudah untuk kamu pindahkan/

Meski harganya sedikit mahal, namun sebanding dengan kualitas yang ditawarkan oleh bahan ini. Namun kamu harus meletakkannya ditempat yang aman karena mudah tertinggal bekas goresan. Jika tergores, tentu saja keindahan akuarium juga akan berkurang.

***

Demikian jenis kaca untuk akuarium yang bisa kamu gunakan. Tempat jual kaca kolam ikan menyediakan banyak pilihan dan kamu bebas untuk menentukan. Pilihlah kaca yang sesuai dengan kebutuhan akuarium yang ingin kamu wujudkan.